Logo Bloomberg Technoz

Demo Besar Buruh Tolak Tapera Lusa, Ini Rutenya di Jakarta Pusat

Pramesti Regita Cindy
04 June 2024 14:40

Demo buruh memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (1/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Demo buruh memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (1/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ribuan buruh yang tergabung dalam berbagai organisasi serikat pekerja akan melakukan unjuk rasa di depan Istana Negara Jakarta, Kamis (6/6/2024), sebagai buntut dari penolakan atas program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Serikat pekerja yang akan berunjuk rasa di antaranya Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), dan Serikat Petani Indonesia (SPI), serta organisasi perempuan PERCAYA yang berasal dari Jabodetabek.

"Aksi dimulai pukul 10.00 dengan titik kumpul di depan Balaikota dan begerak ke Istana melalui kawasan Patung Kuda," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/6/2024).

Said Iqbal, Ketua Umum Partai Buruh. (Bloombeg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Lebih lanjut, Said menilai kebijakan Tapera merugikan serta membebani pekerja denga iuran. Selain itu, buruh juga tetap saja tidak mendapatkan kepastian memiliki rumah meski telah mengiur selama 10 hingga 20 tahun.

Selain itu, menurut Said, dalam Tapera pemerintah dinilai lepas tanggung jawab dalam menyediakan rumah. Hal ini karena pemerintah hanya bertindak sebagai pengumpul iuran, tetapi tidak mengalokasikan dana dari APBN maupun APBD.