Logo Bloomberg Technoz

Diterpa Skandal, Ini Perbedaan Yaris Cross di Jepang Vs Indonesia

Pramesti Regita Cindy
04 June 2024 13:20

Toyota Yaris Cross. (Kiyoshi Ota/Bloomberg)
Toyota Yaris Cross. (Kiyoshi Ota/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Yaris Cross menjadi salah satu mobil produksi Toyota Motor Corp di Jepang yang terdampak atas skandal manipulasi data uji keselamatan pejalan kaki, yang berujung pada penghentian penjualannya di Negeri Sakura.

Hingga saat ini, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengeklaim penangguhan pengiriman dan penjualan enam kendaraan yang saat ini beredar di jalan oleh Jepang, termasuk Yaris Cross, tidak berdampak ke Indonesia.

"Sepertinya itu bukan model Yaris yang beredar di Indonesia, tetapi yang di Jepang. Jadi tidak ada berdampak dengan Indonesia," Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam kepada Bloomberg Technoz, Senin (3/6/2024).

Lalu, apakah ada perbedaan model Yaris Cross yang berproduksi di Toyota Motor Corp Jepang dengan PT TMMIN Indonesia? 

Kendaraan konsep edisi Sebastien Ogier performa tinggi Toyota Motor Corp. GR Yaris RZ, kiri, dan kendaraan konsep edisi Kalle Rovanpera./Bloomberg

Mengutip dari halaman resmi Toyota Jepang, secara umum Yaris Cross Jepang memiliki mesin Dynamic Force Engine dengan kode M15A-FKS dengan torsi maksimum 145/4.800. Tak hanya itu, mobil ini juga telah mengadopsi platfrom TNGA (GA-B).