Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Tantang Wali Kota Bangun ART, Kereta dengan Rel Magnet

Dinda Decembria
04 June 2024 11:55

Presiden Jokowi di Acara World Water Forum ke-10 di Bali (Dok. World Water Forum)
Presiden Jokowi di Acara World Water Forum ke-10 di Bali (Dok. World Water Forum)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menantang seluruh wali kota di Indonesia untuk membangun transportasi massal baru yaitu Autonomous Rail Rapid Transit atau ART di wilayahnya. Dia mengklaim, kereta jenis ini memiliki teknologi yang lebih canggih namun lebih murah dibandingkan transportasi massal lainnya.

ART sendiri adalah kereta api yang melaju tanpa awak atau masinis. Selain itu, kereta ini tak membutuhkan pembangunan rel kereta yang kerap menguras banyak biasa.

Kereta yang sudah melaju di China ini bergerak dengan memanfaatkan sistem magnet. Kebutuhan pembangunan fisik dan armada juga minim karena biasanya hanya 1-3 gerbong per kereta.

"Ini jauh lebih murah. Nanti kalau ada [Wali Kota] yang APBD-nya punya kemampuan, tolong bicara dengan menteri perhubungan," kata Jokowi saat membuka Rakernas Apeksi XVII, Selasa (4/6/2024).

Menurut dia, pemerintah kota yang sanggup bisa berbagi beban atau biaya pembangunan dengan pemerintah pusat. Para wali kota bisa bernegosiasi dengan kementerian perhubungan tentang pembagian beban pembiayaan tersebut.