Logo Bloomberg Technoz

Hizbullah mengklaim telah menembakkan puluhan roket ke pangkalan IDF di daerah tersebut.

Dibutuhkan 15 truk pemadam kebakaran dan kru serta enam pesawat pemadam kebakaran untuk mengendalikan kobaran api.

Dalam serangan lain pada Minggu, 15 roket ditembakkan ke daerah Kiryat Shmona, dan delapan lainnya diluncurkan ke komunitas perbatasan Margaliot yang sebagian besar telah dievakuasi. Menurut IDF, semua roket itu berhasil dicegat.

Pemerintah kota mengatakan serangan roket lainnya di Kiryat Shmona melukai dua orang.

Di daerah Kiryat Shmona, Yiftach, dan Aniam, sebanyak 1.200 dunam terbakar akibat kebakaran yang dipicu oleh roket. Dari jumlah tersebut, 750 dunam berasal dari cagar alam Mordot Harei Naftali.

Kebakaran juga terjadi di sisi perbatasan Lebanon akibat serangan balasan IDF terhadap Hizbullah.

Pada Senin, lebih banyak tembakan roket memicu kebakaran lain di bagian utara.

Sejak 8 Oktober 2023, pasukan yang dipimpin Hizbullah telah menyerang komunitas-komunitas dan pos-pos militer Israel di sepanjang perbatasan hampir setiap hari. Hizbullah mengatakan mereka melakukan hal tersebut untuk mendukung Gaza.

Sejauh ini, pertempuran di perbatasan telah mengakibatkan 10 kematian warga sipil di pihak Israel, serta tewasnya 14 tentara IDF dan cadangan. Ada juga beberapa serangan dari Suriah, tanpa korban luka.

Hizbullah telah menyebutkan 326 anggotanya yang telah terbunuh oleh Israel selama pertempuran yang sedang berlangsung, sebagian besar di Lebanon, tetapi ada juga yang tewas di Suriah. Di Lebanon, 62 anggota kelompok lain, seorang tentara Lebanon, dan puluhan warga sipil telah terbunuh.

Israel telah menyatakan keterbukaannya terhadap solusi diplomatik atas konflik ini. Namun mereka mengancam akan berperang melawan Hizbullah untuk memulihkan keamanan di bagian utara Israel, tempat puluhan ribu warga sipil saat ini mengungsi.

(del)

No more pages