Logo Bloomberg Technoz

Serangan Roket Hizbullah Sebabkan Kebakaran Besar di Israel Utara

Redaksi
04 June 2024 12:50

Hizbullah meluncurkan lebih dari seratus rudal ke lokasi-lokasi militer Israel (Dok: Bloomberg)
Hizbullah meluncurkan lebih dari seratus rudal ke lokasi-lokasi militer Israel (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hizbullah menembakkan roket ke bagian utara Israel pada Minggu (02/06/2024) dan menyebabkan kebakaran hutan yang menghanguskan 10.000 dunam (2.471 Hektar) area terbuka, termasuk cagar alam.

Menurut laporan media Times of Israel, puluhan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan kobaran api selama berjam-jam setelah rentetan roket yang ditembakkan ke kota Katzrin di Dataran Tinggi Golan dan daerah lainnya. Pada Senin (03/06/2024) sejumlah daerah dilaporkan masih terbakar.

Sharon Levi, direktur Otoritas Alam dan Taman Israel distrik Golan, mengatakan pada kantor berita Ynet pada Senin bahwa kebakaran telah menyebabkan kerusakan pada Cagar Alam Hutan Yehudiya. Kobaran api telah membakar area yang mencakup pendakian dan Black Canyon di cagar alam tersebut.

Hizbullah menembakkan setidaknya 40 roket dalam beberapa rentetan pada Minggu, sebagai serangan balasan terhadap militer Israel.

Menurut militer Israel atau Israel Defense Forces (IDF) sebanyak 15 roket ditembakkan ke Katzrin, menghantam area terbuka dan memicu kebakaran besar di selatan kota. Tidak ada laporan korban luka dalam serangan tersebut.