Logo Bloomberg Technoz

Yaris Cross Jepang Kena Skandal, Ini Spek-Harga yang Dijual di RI

Pramesti Regita Cindy
04 June 2024 11:30

Pembuatan mobil Yaris di pabrik Toyota Republik Ceska./Bloomberg-Milan Jaros
Pembuatan mobil Yaris di pabrik Toyota Republik Ceska./Bloomberg-Milan Jaros

Bloomberg Technoz, Jakarta PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah menegaskan mobil Yaris Cross yang beredar di Tanah Air berbeda model dengan yang dipasarkan di Jepang dan tengah dihentikan penjualannya usai Kementerian Transportasi Negeri Sakura menguak skandal manipulasi uji keselamatan.

Yaris Cross menjadi salah satu model mobil Toyota yang tengah menjadi sorotan usai Kementerian Transportasi Jepang menyebut setidaknya 6 kendaraan ditangguhkan pengiriman dan penjualannya, termasuk 3 model yang diproduksi oleh Toyota Motor Corp, Senin (3/6/2024).

Meski terdapat skandal manipulasi uji keselamatan di Jepang, TMMIN mengeklaim penjualan model Yaris Cross di Indonesia tidak terdampak lantaran model yang dipasarkan di sini berbeda dengan di Jepang.

"Sepertinya itu bukan model Yaris yang beredar di Indonesia, tetapi yang di Jepang. Jadi tidak ada berdampak dengan Indonesia," Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam kepada Bloomberg Technoz

Kendaraan konsep edisi Sebastien Ogier performa tinggi Toyota Motor Corp. GR Yaris RZ, kiri, dan kendaraan konsep edisi Kalle Rovanpera./Bloomberg

Setelah ditelusuri, Toyota Motor Corp di Jepang ternyata menyerahkan data yang salah terhadap uji keselamatan pejalan kaki untuk 3 model mobil, yakni Corolla Fielder, Corolla Axio, dan juga Yaris Cross. Kasus yang sama juga dilakukan oleh Honda Motor Co, dan Mazda Motor Corp terhadap berbagai kendaraan keluarannya.