Logo Bloomberg Technoz

“Pada praktik umumnya dilakukan sesuai permintaan industri yang mengalami kerugian akibat barang dumping,” ujarnya.

Sebelumnya, KADI dalam penyelidikannya menemukan bahwa baja menjadi industri yang paling banyak didera kasus dumping. Sebanyak 50 kasus yang terbukti dumping terjadi di sektor ini dan telah dikenakan BMAD.

KADI menilai industri baja banyak diserang praktik dumping lantaran permintaannya di dalam negeri sangat tinggi untuk menyokong sektor industri lain. Tidak heran, lanjutnya, jika sektor baja disebut sebagai Sang Induk Segala Industri atau The Mother of Industry.

Permintaan yang tinggi terhadap komoditas ini merangsang para produsen dan eksportir baja dari berbagai negara untuk menjual harga produknya lebih murah di luar negeri agar lebih kompetitif dari barang pesaing yang diproduksi negara lain, atau bahkan negara tujuan ekspor itu sendiri.

Di sisi lain, sebuah survei independen mengungkapkan aktivitas manufaktur China per Mei 2024 ternyata sudah berekspansi pada kecepatan tertinggi dalam hampir 2 tahun terakhir.

Laporan tersebut sangat kontras dengan data statistik resmi pemerintah setempat, yang justru menyebut prospek pertumbuhan industri Negeri Panda masih lemah.

Dilansir Senin (3/6/2024), purchasing managers index (PMI) manufaktur Caixin tercatat naik menjadi 51,7 pada bulan lalu dari 51,4 pada April. Angka itu sedikit di atas perkiraan median para ekonom sebesar 51,6 dalam jajak pendapat Bloomberg dan tertinggi sejak Juni 2022. Angka di atas 50 menunjukkan adanya ekspansi.

Hasil survei Caixin tersebut berbanding terbalik dengan data PMI manufaktur resmi dari Pemerintah China yang diterbitkan pada Jumat pekan lalu, yang menunjukkan kontraksi tak terduga dalam aktivitas pabrik bulan lalu.

Eksportir melihat pesanan baru meningkat selama lima bulan berturut-turut pada Mei, berdasarkan hasil survei Caixin. Hal ini menunjukkan permintaan luar negeri yang kuat terhadap barang-barang China.

Para ekonom mengaitkan perbedaan antara survei resmi dan survei swasta tahun ini dengan meningkatnya permintaan eksternal, tetapi lemahnya pasar domestik. PMI Caixin telah mengungguli indeks resmi selama tujuh bulan berturut-turut sejak Oktober.

(dov/wdh)

No more pages