Logo Bloomberg Technoz

29 Pertashop Sulawesi Uji Coba Penyaluran Pertalite, Jawa Kapan?

Dovana Hasiana
04 June 2024 10:50

Gerai Pertashop./dok. Pertamina
Gerai Pertashop./dok. Pertamina

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengaku masih fokus kepada berbagai pertimbangan dalam melakukan uji coba penyaluran Pertalite di Pertashop yang sudah berubah status izin usaha menjadi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) kompak atau compact gas station.

Anggota BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan pertimbangan tersebut di antaranya adalah ketersediaan lembaga penyalur Pertalite di kecamatan suatu wilayah, jarak dari penyalur yang sudah ada (existing), penyerapan Pertamax yang terbatas, dan lain sebagainya. 

Dengan demikian, kata Saleh, uji coba penyaluran Pertalite melalui Pertashop yang berubah menjadi SPBU kompak saat ini dilakukan pada 29 Pertashop di Sulawesi. 

Warga mengisi BBM di SPBU Pertashop di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta, Minggu (5/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Sementara itu, penyaluran Pertalite melalui Pertashop yang berubah menjadi SPBU kompak di daerah lainnya, termasuk di Jawa, bergantung pada hasil uji coba.

“Saat ini masih diujicobakan pada 29 Pertashop [di Sulawesi], apakah nanti [akan dilakukan] di daerah lainnya bergantung hasil uji coba,” ujar Saleh kepada Bloomberg Technoz, Selasa (4/6/2024).