Logo Bloomberg Technoz

Polemik Karpet Merah Starlink

Perbedaan Harga Internet Starlink, Indonesia dan Negara Tetangga

Redaksi
04 June 2024 09:35

Perbandingan Harga Internet Starlink Vs First Media, Biznet Cs (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Perbandingan Harga Internet Starlink Vs First Media, Biznet Cs (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Starlink Services Indonesia (SSI) menetapkan diskon Rp3 juta untuk pembelian perangkat. Cukup membayar Rp4,68 juta dari harga awal Rp7,8 juta. Berlaku hingga 10 Juni 2024, atau empat hari lagi. Harga paket internet Starlink dari Elon Musk ini termurahnya Rp750.000 per bulan (paket individu dalam rumah).

Berikut adalah paket internet Starlink di Indonesia, bagaimana dengan harga di negara–negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, atau Singapura?

Singapura, yang lebih dulu Starlink hadir, menetapkan harga paket berlangganan internet satelit orbit rendah (low earth orbit/LEO) setara Rp1,3 juta. Ini masih ditambah pembelian perangkat, seperti halnya paket antena, kabel dan router, sekitar Rp7,9 juta.

Starlink di Filipina mematok harga berlangganan Rp747.000 per bulan. Harga perangkat yang harus ditebus warga Filipina sekitar Rp7,7 juta.

Di Malaysia relatif serupa, Rp758.000 per bulan namun dengan biaya pembelian perangkat Rp3,9 juta, dikutip dari informasi resmi Starlink di kawasan ASEAN.