Logo Bloomberg Technoz

Sidang Paripurna, DPR Akan Sahkan Destry Damayanti jadi Deputi BI

Redaksi
04 June 2024 09:25

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti saat acara ‘Women on The Move' di Jakarta, Rabu (21/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti saat acara ‘Women on The Move' di Jakarta, Rabu (21/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar Rapat Paripurna ke-19 Masa Persidangan V tahun sidang 2023-2024. Salah satu agendanya adalah pengesahan calon tunggal Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti.

Sebelumnya, Komisi XI DPR telah menuntaskan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Destry, Senin lalu. Berdasarkan hasil tes, Komisi bidang keuangan tersebut setuju memilih Destry.

“Sekarang kan di Komisi disetujui (lalu) besok dirapatkan di paripurna. Kalau paripurna setuju (maka) terpilihlah dia menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia periode selanjutnya,” kata Ketua Komisi XI DPR Kahar Muzakir dikutip dari laman DPR, Selasa (4/6/2024).

Saat ini, Destry Damayanti merupakan Deputi Gubernur Senior BI periode 2019-2024. Dalam uji kelayakan dan kepatutan ini, Destry merupakan calon tunggal yang kembali diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 Pada kesempatan tersebut, Kahar mengatakan secara gamblang bahwa hingga saat ini belum ada keluhan yang disampaikan, semasa Destry menjabat pada posisi yang sama di periode berjalan ini. Ia juga menyampaikan, Anggota Komisi XI DPR RI yang hadir pada rapat tersebut juga telah menyetujui pencalonan kembali Destry. Sehingga hasil uji kelayakan dan kepatutan tersebut bisa segera dibahas di rapat paripurna.