Logo Bloomberg Technoz

Bongkar Pasang Pimpinan OIKN, Kepercayaan Investor Bisa Tercoreng

Pramesti Regita Cindy
04 June 2024 09:50

Desain logo baru Ibu Kota Nusantara (IKN). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Desain logo baru Ibu Kota Nusantara (IKN). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta Ekonom sekaligus Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P. Sasmita menilai mundurnya Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan memicu kekhawatiran mengenai keberlanjutan dan stabilitas proyek ambisus pemindahan ibu kota negara ini. 

"Saya kira, pengunduran diri Kepala OIKN akan cukup berpengaruh kepada kepercayaan investor. Bahkan, selama ini investor masih ragu untuk berinvestasi di IKN. Sebagian investor yang telah berinvestasi terkesan terpaksa dan dipaksa untuk berinvestasi di sana," kata Ronny saat dihubungi, Selasa (4/6/2024).

Menurutnya, kondisi ini akan kian mencederai kepercayaan investor jika tidak didukung dengan jaminan kepastian dan arah kebijakan proyek IKN.

"Investor akan makin mempertanyakan masa depan IKN dan prospek investasi di sana. Apalagi jika ditambah dengan masalah masa jabatan Jokowi yang tinggal sejengkal lagi. Kepercayaan investor akan makin buram dan suram," tuturnya. 

Menhan Prabowo Subianto mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk melihat progres pembangunan tata ruang IKN, Kalimantan Timur. (Instagram @prabowo)

Penunjukan Basuki