Logo Bloomberg Technoz

Kantor Toyota Digeledah usai Manipulasi Data Keamanan Terbongkar

News
04 June 2024 10:10

Toyota. (Dok: Bloomberg)
Toyota. (Dok: Bloomberg)

Nicholas Takahashi dan Supriya Singh - Bloomberg News

Bloomberg, Pihak berwenang menggeledah kantor pusat Toyota Motor Corp pada Selasa (04/06/2024) atas dugaan kecurangan dalam uji sertifikasi keamanan. Saham perusahaan pun anjlok hingga 1,4%.

Sehari sebelumnya, produsen mobil nomor satu dunia tersebut mengumumkan penangguhan penjualan dan pengiriman tiga kendaraannya, memperparah skandal keamanan yang melibatkan beberapa produsen mobil ternama dunia.

Menurut Kementerian Perhubungan Jepang pada Senin (03/06/2024), Toyota diketahui menyerahkan data yang salah selama uji keselamatan pejalan kaki untuk tiga model terbaru mereka, yaitu Corolla Fielder, Corolla Axio, dan Yaris Cross. Selain itu, mereka juga menggunakan kendaraan uji yang dimodifikasi selama uji keselamatan tabrakan untuk empat model lama, termasuk Crown. Toyota termasuk di antara lima produsen mobil, termasuk Honda Motor Co dan Mazda Motor Corp, yang kedapatan memanipulasi data keamanan saat mengajukan sertifikasi.

Menteri Ekonomi Ken Saito menyebut skandal yang baru terungkap ini "sangat disesalkan," pada jumpa pers di Tokyo pada Selasa. Ia menambahkan bahwa kementerian sedang menyelidiki dampak skandal ini terhadap pemasok dan akan mengambil tindakan yang sesuai.