Logo Bloomberg Technoz

TINS Terindikasi Masalah, Bos MIND ID Ngaku Sempat Lapor ke Luhut

Dovana Hasiana
04 June 2024 09:40

Timah batangan yang ditumpuk dibungkus untuk pengiriman di gudang pabrik timah PT Timah di Pangkal Pinang, Pulau Bangka./Bloomberg-Dimas Ardian
Timah batangan yang ditumpuk dibungkus untuk pengiriman di gudang pabrik timah PT Timah di Pangkal Pinang, Pulau Bangka./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta Direktur Utama PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID), selaku holding BUMN sektor pertambangan, Hendi Prio Santoso mengaku sempat melaporkan PT Timah Tbk (TINS) kepada Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi karena terindikasi memiliki masalah yang besar.

Saat itu, kata Hendi, MIND ID dan Kemenko Marves melakukan pembahasan mengenai indikasi masalah tersebut bersama dengan Kejaksaan Agung, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Kemudian, laporan tersebut ditindaklanjuti oleh forum gabungan yang dipimpin oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

“Ditindaklanjuti oleh forum gabungan yang dipimpin oleh Menko Marves [Luhut] dengan dilakukannya audit BPKP,” ujar Hendi dalam agenda rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Senin (3/6/2024). 

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. (Muhammad Fadli/Bloomberg)

Dengan demikian, Hendi membantah bahwa MIND ID hanya berdiam diri. Namun, saat itu, laporan belum bisa disampaikan ke publik karena sudah lebih dahulu dilaporkan kepada otoritas di atas holding BUMN pertambangan tersebut.