Logo Bloomberg Technoz

Pada Fit & Proper Test Destry Ungkap 3 Fokus Kerjanya di BI

Azura Yumna Ramadani Purnama
04 June 2024 08:50

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti saat konferensi pers RDG Bulan Mei 2024 di Jakarta, Rabu (22/5/2024). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti saat konferensi pers RDG Bulan Mei 2024 di Jakarta, Rabu (22/5/2024). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah melakukan uji kelayakan atau fit and proper test calon tunggal Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti, Senin (3/6/2024).

Dalam uji kelayakan tersebut Destry memaparkan tiga aspek visi misi yakni, pertama pengembangan pasar uang dan pasar valas dalam mendukung pembiayaan ekonomi. Menurutnya, pasar keuangan dan pasar valas RI masih relatif dangkal dibandingkan dengan beberapa negara lain.

Namun, lanjut Destry, dua tahun terakhir pasar keuangan dan pasar valas Indonesia mulai menunjukan perbaikan, didukung oleh kebijakan yang dilakukan BI.

“Karena dibandingkan dengan negara lain posisi kita ini atau kedalaman pasar kita ini masih relatif rendah contohnya untuk tingkat transaksi derivatif Indonesia dengan negara peer masih sekitar 44% dari total transaksi. Padahal sebagai contoh di Malaysia itu sudah 80% kemudian Perbandingan volume pasar valas rata-rata harian kita juga masih dibawah peer grup kita,” kata Destry dalam rapat uji kelayakan dengan komisi XI DPR RI, Senin (3/6/2024).

Ia mengatakan bahwa pendalaman pasar pada dua aspek itu perlu dilakukan untuk memperkuat transmisi kebijakan moneter yang dilakukan, khususnya melalui suku bunga dan nilai tukar.