Logo Bloomberg Technoz

Daftar Rencana Nvidia untuk Tetap Jadi Magnet di Industri AI

News
04 June 2024 07:40

CEO Nvidia Corp, Jen-Hsun Huang atau Jensen Huang pamerkan pengembangan cip AI perusahaan. (Dok: Bloomberg)
CEO Nvidia Corp, Jen-Hsun Huang atau Jensen Huang pamerkan pengembangan cip AI perusahaan. (Dok: Bloomberg)

Ian King dan Vlad Savov—Bloomberg News

Bloomberg, Chief Executive Officer (CEO) Nvidia Corp Jensen Huang sebut perusahaan berencana untuk meningkatkan akselerator AI-nya setiap tahun, dengan mengumumkan cip Blackwell Ultra untuk tahun 2025 dan platform generasi berikutnya yang sedang dalam pengembangan yang disebut Rubin untuk tahun 2026.

Perusahaan yang kini terkenal dengan sistem pusat data kecerdasan buatannya ini juga memperkenalkan alat dan model perangkat lunak baru pada malam pameran dagang Computex di Taiwan.

Nvidia melihat kebangkitan AI generatif sebagai revolusi industri baru. Nvidia berharap dapat memainkan peran sentral seiring dengan pergeseran teknologi ke komputer pribadi (PC), ujar Jensen Huang di National Taiwan University.

Nvidia telah menjadi penerima manfaat utama dari gelombang besar belanja AI, membantu mengubah perusahaan menjadi pembuat cip paling berharga di dunia. Namun, kini Nvidia ingin memperluas basis pelanggannya di luar segelintir raksasa komputasi awan, yang menghasilkan sebagian besar penjualannya. Sebagai bagian dari ekspansi, Huang mengharapkan lebih banyak perusahaan dan lembaga pemerintah untuk merangkul AI—mulai dari pembuat kapal hingga pengembang obat.