Logo Bloomberg Technoz

Para pedagang mengatakan bahwa kenaikan sebelumnya kemungkinan besar merupakan hasil dari efek limpahan dari meroketnya saham GameStop—yang didorong oleh akun Reddit di balik spekulasi memecoin tahun 2021. 

Zona harga Bitcoin US$70.000 sempat terjadi. (Dok: Bloomberg)

Sebuah mata uang kripto di blockchain Solana yang menggunakan nama, logo, dan ticker GameStop naik lebih dari 120% pada hari Senin, data CoinGecko mencatat. Pada bagian lain koin tersebut tidak memiliki afiliasi yang sah dengan perusahaan.

Langkah ini mengikuti lonjakan saham GameStop Corp, setelah Keith Gill, yang menggunakan Roaring Kitty on X, memposting tangkapan layar di Reddit pada hari Minggu, mengungkapkan kepemilikannya yang besar di saham GME. Dogwifhat, salah satu memecoin paling populer tahun ini, tidak banyak berubah. 

“Posisi turunan GME raksasa yang diumumkan oleh Roaring Kitty pada Minggu malam berfungsi untuk mengkatalisasi reli di ruang kripto, dengan kenaikan yang berarti di Doge dan BTC dimulai beberapa saat setelah posting Reddit-nya mulai beredar luas,” kata Spencer Hallarn, kepala perdagangan bebas global di GSR.

Hal yang juga mendorong pasar adalah aliran dana masuk baru di awal bulan baru, kata Shiliang Tang, presiden Arbelos Markets.

Tetapi dengan kinerja mata uang kripto dengan ticker GME, Tang mengatakan bahwa berita GME selama akhir pekan tetap menjadi kontributor utama kenaikan pasar.

Ethereum mengalami arus masuk minggu kedua, Coinshares mencatat, menyusul kegembiraan atas persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa yang secara langsung berinvestasi dalam Ether (ETF spot Ether) di AS.

(bbn)

No more pages