Logo Bloomberg Technoz

Israel Tolak Gencatan Senjata Permanen, Minta Hamas Musnah

News
04 June 2024 06:00

Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)
Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)

Alisa Odenheimer—Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan bahwa tidak akan ada gencatan senjata permanen dalam perang melawan Hamas di Gaza. Gencatan senjata terjadi bila syarat-syarat yang diajukan negara itu terpenuhi, termasuk penghancuran kelompok musuh.

Israel bersedia untuk menghentikan permusuhan untuk tujuan mengembalikan sandera, namun apa yang akan terjadi selanjutnya akan tergantung pada pembicaraan lebih lanjut, Netanyahu mengatakan dalam sebuah pertemuan dengan Komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan parlemen, Senin.

Sebuah proposal yang diajukan oleh Presiden Joe Biden pada hari Jumat untuk gencatan senjata permanen hanyalah sebagian dari paket dan ada rincian yang tidak ia umumkan kepada publik, kata Netanyahu, tanpa memberikan penjelasan yang lebih spesifik.  

Israel klaim melakukan “banyak cara” untuk membawa pulang para sandera yang ditahan oleh Hamas sejak dimulainya perang selama hampir delapan bulan ini, sebut Netanyahu dalam sebuah pernyataan terpisah. Memastikan mereka kembali dengan selamat dari Gaza akan memungkinkan, sekaligus menyingkirkan Hamas yang didukung Iran itu, ucap dia.