Logo Bloomberg Technoz

Wakil presiden senior operasi sistem di Gassco AS, Alfred Skar Hansen melalui email mengatakan Equinor ASA kini sedang menyelidiki sumber masalahnya. Masalahnya mungkin terkait dengan bagian pipa di ladang gas alam Sleipner di Laut Utara yang terhubung ke Easington dan Nyhamna.

"Belum sepenuhnya jelas berapa lama perbaikan akan berlangsung," kata Skar Hansen.

Gassco Mengatakan Pemadaman Terkait dengan Platform Riser.

Norwegian Gas Exports Slump Amid Outages. (Sumber: Gassco)

Benchmark Dutch gas futures yang merupakan patokan gas Eropa, naik 12,18% menjadi €38,39 per megawatt-jam pada pukul 12.14 siang di Amsterdam. Kontrak di Inggris naik hingga 15%, yang merupakan kenaikan terbesar sejak Oktober.

Kenaikan ini juga menyoroti bagaimana pasar tetap rentan terhadap volatilitas ekstrem, bahkan dengan situs penyimpanan yang sudah lebih dari 70% penuh dan permintaan industri di Eropa yang lambat untuk pulih. Futures gas telah naik selama tiga bulan berturut-turut, dan melonjak 18% pada bulan Mei.

"Pemadaman Norwegia yang tidak direncanakan sekali lagi menyoroti ketergantungan Eropa pada impor," kata Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank A/S.

Gassco mengatakan di situs webnya bahwa Nyhamna dan Easington tidak akan tersedia setidaknya hingga Rabu setelah pembatasan hulu dan hilir.

Impor LNG ke Eropa telah menurun dalam beberapa minggu terakhir karena permintaan yang lebih tinggi di Asia, di mana gelombang panas meningkatkan konsumsi untuk pendinginan. Hal ini mendorong persaingan untuk kargo antara Eropa dan Asia, kata Hansen dari Saxo Bank.

Menurut harga dari broker di Bloomberg, di power market, harga listrik Jerman untuk pengiriman hari berikutnya melonjak menjadi €114,25 per megawatt-jam, tertinggi sejak Januari.

Harga pada lelang untuk pengiriman hari berikutnya pada hari Minggu menetap pada tingkat tertinggi sejak Desember. Harga untuk pengiriman bulan depan juga naik pada hari Senin.

(bbn)

No more pages