Logo Bloomberg Technoz

Gerindra Disebut juga akan Usung Pasangan Khofifah-Emil Dardak 

Mis Fransiska Dewi
03 June 2024 19:40

Partai Gerindra mengusung Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal calon Gubernur dalam Pilgub Jatim 2024. (Tangkapan Layar Instagram @khofifah.ip)
Partai Gerindra mengusung Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal calon Gubernur dalam Pilgub Jatim 2024. (Tangkapan Layar Instagram @khofifah.ip)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyebut Partai Gerindra juga akan mengikuti langkah partainya dalam Pilkada Jawa Timur. Dia mengklaim, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto juga akan mengusung satu paket yaitu Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. 

“Kami sudah sepakat kemarin pertemuan empat [partai koalisi Indonesia Maju], memang sudah bulat itu [mengusung] Khofifah-Emil. Soal teknis saja barangkali. Seperti saya kemarin ke Peru, suratnya baru sekarang tapi kesepakatan sudah,” kata Zulkifli, Senin (3/6/2024). 

PAN menjadi partai ketiga dari koalisi pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mendukung pasangan petahana Khofifah-Emil pada Pilkada Serentak 2024. Sebelumnya, dua partai koalisi yaitu Partai Golkar dan Partai Demokrat lebih dulu mengeluarkan surat rekomendasi mendukung pasangan tersebut. 

Partai Gerindra sendiri sebenarnya sudah memberikan surat rekomendasi kepada Khofifah, Desember 2023. Akan tetapi, partai tersebut baru mengambil posisi untuk mengusung Khofifah sebagai calon gubernur Jawa Timur. Mereka belum final untuk mengusung Emil Dardak sebagai calon wakil gubernur.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sebelumnya menyebut surat rekomendasi tersebut nantinya akan diserahkan pada waktu yang tepat ke Khofifah-Emil. Namun, ia masih enggan membeberkan kapan Gerindra akan menyerahkan surat tersebut.