Logo Bloomberg Technoz

Sementara kepastian Israel kemudian diketahui lolos seleksi baru pada Juli 2022. Oleh karena itu posisi Indonesia tak bergeser dalam perjuangan mendukung kemerdekaan Palestina. Baca selengkapnya di sini.

2. Siap-siap, Tiket Pesawat Mudik Naik Hampir 400%

PT Garuda Indonesia aircraft inside a hangar at the company's maintenance facility at Soekarno-Hatta International Airport (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bulan Ramadan baru berjalan 8 hari, akan tetapi gairah menyambut Lebaran sudah mulai meningkat. Maklum, pengumuman jadwal pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) sudah dirilis baik bagi karyawan swasta maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu paling lambat pada 18 April bagi pegawai swasta dan H-10 bagi ASN.

Dengan kepastian THR, masyarakat biasanya sudah memulai perburuan tiket mudik yang diperkirakan akan memuncak pada 21 April nanti. Berdasarkan pantauan Bloomberg Technoz di beberapa aplikasi pemesanan tiket, harga tiket pesawat mulai menunjukkan tanda-tanda pergerakan kenaikan pekan depan. Baca lanjutannya lewat tautan ini.

3. U-20 Terancam Batal, Sanksi dan Kerugian Ekonomi Menghantui

U-20 FIFA World Cup. (Dok. Fifa)

Penolakan terhadap tim kelompok umur U-20 Israel menyebabkan undian alias drawing U-20 yang seharusnya berlangsung di Bali dibatalkan. FIFA mendengarkan penolakan yang disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster yang merupakan kader PDI Perjuangan tersebut dan kemudian membatalkan drawing. Potesi kerugian ekonomi dan sanksi di depan mata. Cek beritanya di tautan berikut.

4. Dirut BEI Iman Rachman Bicara Soal Gejolak di Pasar Modal RI 2023

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Iman Rachman. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Pascapengumuman pemerintah mengakhiri tanggap darurat pandemi, pasar modal Indonesia diselimuti sentimen positif. Kembalinya mobilitas manusia, diikuti oleh optimisme masuknya arus dana investor lokal dan asing yang membesar, membuat Bursa saham dalam negeri mengalami kenaikan pada dua bulan pertama tahun 2023.

Namun, tidak lama, pasar modal Indonesia menghadapi tantangan baru. Pengetatan likuiditas dunia dan berlanjut huru-hara penutupan tiga bank di Amerika Serikat (AS), seperti Silvergate, Signature, Silicon Valley Bank (SVB), ditambah rapuhnya Credit Suisse Group AG memberi dampak negatif di pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Tantangan demi tantangan ini coba diurai dan ditemukan solusi demi menciptakan peningkatan kapitalisasi pasar di Bursa saham sebesar Rp 15.000 triliun dalam jangka panjang. Sejumlah . strategi telah dijalankan lewat lima pilar pengembangan pasar modal. Cek lengkapnya di sini.

5. Libur Lebaran Tak Ada Transaksi Saham di Bursa Selama 5 Hari

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Iman Rachman. melihat papan perdagangan IHSG. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bursa Efek Indonesia (BEI) menetapkan periode libur perdagangan terkait Lebaran 2023 pada Kamis (30/3/2023). Hal ini merespon pengumuman pemerintah satu hari sebelumnya.

Direktur Utama BEI Iman Rachman menjelaskan mulai libur pada 19 April 2023. Bursa akan kembali aktif bertransaksi pada 26 April 2023. Detailnya ada di berita ini.

6. Cara Perhitungan THR Bagi Karyawan Lama, Karyawan Baru & Buruh

Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Kedatangan bulan Ramadan dan kian dekatnya perayaan Lebaran selalu mengundang kegembiraan bagi banyak orang. Selain tradisi mudik dan silaturahmi, salah satu momen yang ditunggu-tunggu setiap kali datang hari raya adalah pencairan Tunjangan Hari Raya (THR). 

Setiap karyawan atau pegawai yang bekerja di sebuah instansi memiliki hak mendapatkan THR sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Karena kedatangannya tahunan, THR termasuk kategori pendapatan tahunan. Nah, sesuai namanya, pencairan THR ditujukan untuk membantu para pekerja membiayai pengeluaran seputar hari raya yang hampir bisa dipastikan membengkak. Cek lanjutannya di artikel ini.

7. FBI Rilis Dokumen Penyelidikan Ivana Trump

Direktur Biro Investigasi Federal (FBI), Christopher Wray. (Ting Shen/Bloomberg)

Istri pertama Donald Trump, Ivana, pernah diselidiki FBI terkait tuduhan yang melibatkan koneksinya di negara asalnya Cekoslowakia pada tahun 1990-an, demikian menurut kutipan dari dokumen FBI yang diperoleh oleh Bloomberg News.

Penyelidikan menjangkau beberapa negara di mana atase hukum AS di Kanada dan Eropa diinstruksikan untuk menyelidiki kondisi emigrasi Ivana Trump dari Cekoslowakia, yang saat itu komunis, ke Austria, dan kemudian ke Kanada. Investigasi juga dilakukan untuk mengetahui hubungannya dengan orang-orang yang namanya dicoret (redacted) di dokumen tersebut. FBI juga menggali catatan pengadilan tentang perceraiannya dengan Donald Trump. Baca beritanya di tautan ini.

(ezr)

No more pages