Logo Bloomberg Technoz

Skandal Yaris Cross Jepang, Toyota Sebut Beda Model dengan di RI

Dovana Hasiana
03 June 2024 17:16

Toyota Yaris Cross. (Kiyoshi Ota/Bloomberg)
Toyota Yaris Cross. (Kiyoshi Ota/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memastikan bahwa penangguhan pengiriman dan penjualan enam kendaraan yang saat ini beredar di jalan oleh Jepang, termasuk Yaris Cross dan dua kendaraan yang diproduksi oleh Toyota Motor Corp, tidak berdampak ke Indonesia. 

Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam mengatakan hal ini terjadi karena peristiwa tersebut berhubungan dengan model Yaris Cross yang beredar di Jepang, bukan di Indonesia. 

“Sepertinya itu bukan model Yaris yang beredar di Indonesia, tetapi yang di Jepang. Jadi tidak ada berdampak dengan Indonesia,” ujar Bob kepada Bloomberg Technoz, Senin (3/6/2024).

Toyota Motor. (Dok: Bloomberg)

Toyota Motor Crop di Jepang diketahui menyerahkan data yang salah selama tes keselamatan pejalan kaki untuk tiga model saat ini —Corolla Fielder, Corolla Axio dan Yaris Cross — serta menggunakan kendaraan uji yang dimodifikasi selama tes keselamatan tabrakan untuk empat model sebelumnya, termasuk Crown, kata Kementerian Transportasi Jepang pada Senin.

Perusahaan ini termasuk di antara lima produsen mobil di Jepang, termasuk Honda Motor Co dan Mazda Motor Corp, yang ditemukan memalsukan atau memanipulasi data keselamatan ketika mengajukan permohonan sertifikasi.