Logo Bloomberg Technoz

2. Puma

Produsen pakaian olahraga terkemuka di dunia, Puma, adalah sponsor tunggal Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA) dan mengatur tim di pemukiman ilegal Israel di tanah Palestina.

"Puma memberikan legitimasi internasional terhadap aktivitas IFA, salah satunya klub sepak bola yang berbasis di pemukiman ilegal israel di tanah Palestina," tulis BDS Movement.

"Dukungan Puma terhadap IFA secara langsung mendukung pelanggaran hak asasi manusia dan hukum internasional di luar lapangan, serta memungkinkan rezim pemukiman Israel untuk terus berkembang," lanjut BDS Movement.

3. AXA

Perusahaan asuransi raksasa, AXA, diklaim terus melakukan investasi di bank-bank Israel yang mendanai perang, pencurian tanah, dan sumber daya alam Palestina. Adapun, bank-bank Israel yang sahamnya dikuasai AXA adalah Bank Hapoalim, Bank Leumi, dan Mizrahi Tehafot.

4. Chevron

Perusahaan multinasional bahan bakar fosil Amerika Serikat (AS), Chevron adalah perusahaan utama yang mengekstraksi gas yang diklaim oleh Israel di Mediterania Timur.

Menurut BDS Movement, Chevron menghasilkan pendapatan miliaran dolar, memperkuat sistem perang dan Israel, memperburuk krisis iklim dan pengepungan Gaza, serta terlibat dalam merampas hak kedaulatan rakyat Palestina atas sumber daya alam mereka. Chevron memiliki ribuan pompa bensin ritel di seluruh dunia dengan merek Chevron, Caltex, dan Texaco.

5. SodaStream

SodaStream adalah mesin dan silinder yang dapat diisi kembali sehingga para pengguna bisa membuat soda atau minuman air berkarbonasi sendiri di rumah.

SodaStream menjadi korban boikot karena dinilai secara aktif turut serta dalam kebijakan Israel yang menggusur warga asli Palestina suku Bedouin di Naqab.

"SodaStream memiliki sejarah panjang perlakuan buruk dan diskriminasi terhadap pekerja Palestina," ungkap BDS Movement.

6. HP Inc

"Selain menyediakan layanan dan teknologi kepada tentara dan polisi Israel yang menjaga pendudukan ilegal Israel dan pengepungan Gaza, HP juga menyediakan Itanium servers eksklusif kepada Otoritas Penduduk dan Imigrasi Israel untuk sistem Aviv mereka," ungkap BDS Movement.

Sasaran Divestasi

Perusahaan yang terdapat di Indonesia dan masuk ke dalam daftar "Sasaran Divestasi" adalah Hyundai dan Chevron.

1. Hyundai, Volvo, CAT, JCB

Menurut BDS Movement, mesin dari HD Hyundai (Korea Selatan), Volvo (Swedia/China), CAT (Amerika Serikat), dan JCB (Inggris) telah digunakan oleh Israel untuk pengusiran paksa warga Palestina dengan cara penghancuran rumah, pertanian, dan bisnis, serta pembangunan pemukiman ilegal di tanah Palestina yang direbut.

2. Chevron dan Noble Energy milik Chevron

Perusahaan multinasional bahan bakar fosil AS, Chevron adalah perusahaan internasional utama yang mengekstraksi gas yang diklaim oleh Israel di Mediterania Timur. Chevron dan Noble Energy milik Chevron menghasilkan pendapatan miliaran dolar, memperkuat sistem perang, dan Israel serta memperburuk krisis iklim.

3. Intel

Intel telah mengumumkan bahwa mereka akan menginvestasikan US$25 miliar atau sekitar Rp405,6 triliun (asumsi kurs Rp16.224/US$) pada Israel seiring berlanjutnya genosida Israel terhadap rakyat Palestina untuk memperkuat Israel.

(dec/spt)

No more pages