Logo Bloomberg Technoz

Freeport Yakin Cuan Gegara Tembaga Bullish, RI Ikut Diuntungkan

Dovana Hasiana
03 June 2024 17:00

Aktivitas di pertambangan dan pabrik peleburan tembaga./Bloomberg- Oliver Bunic
Aktivitas di pertambangan dan pabrik peleburan tembaga./Bloomberg- Oliver Bunic

Bloomberg Technoz, Jakarta PT Freeport Indonesia optimistis tren harga tembaga di level stabil tinggi akan membawa keuntungan bagi perusahaan maupun setoran ke kas negara di Indonesia.

EVP External Affairs Freeport Indonesia Agung Laksamana mengisyaratkan, setelah pemerintah memberikan perpanjangan izin ekspor konsentrat tembaga dari Mei hingga Desember 2024, penerimaan negara pun akan ikut terkerek.

“Kan harga komoditas juga bisa menjadi faktor penting. Kita ihat sekarang harga emas dan tembaga juga tinggi. Itu mungkin menjadi faktor pendorong [pendapatan perusahaan dan naiknya penerimaan negara dari Freeport],” ujarnya saat ditemui di kompleks parlemen, Senin (3/6/2024).

Harga tembaga ditutup di level US$10.040/ton di London Metal Exchange (LME) hari ini, terkoreksi tipis 0,94% dari penutupan akhir pekan lalu.

Grafik harga tembaga. (Sumber: Bloomberg)

Untuk tahun ini, Freeport  memproyeksikan setoran perseoan ke kas negara sanggup mencapai US$5,6 miliar (sekitar Rp90,85 triliun), setelah pemerintah mengizinkan konsentrat tembaga untuk terus diekspor hingga Desember.