Logo Bloomberg Technoz

Buru Harun Masiku, Alasan KPK Periksa Mahasiswi Melita de Grave

Redaksi
03 June 2024 17:20

Harun Masiku. (Istimewa/ Tangkapan Layar)
Harun Masiku. (Istimewa/ Tangkapan Layar)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menuntaskan pemeriksaan terhadap seorang mahasiswi bernama Melita de Grave pada Jumat (31/5/2024). Pemeriksaan ini dikaitkan dengan pengejaran terhadap buron KPK, Harun Masiku -- tersangka dugaan suap penetapan anggota DPR RI periode 2019-2024.

"Saksi hadir dan tim penyidik masih terus mendalami dugaan adanya pihak-pihak yang diduga mengamankan keberadaan dari tersangka HM [Harun Masiku]," kata juru bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkat, Senin (3/6/2024).

Menurut dia, Melita disebut sempat mengetahui tentang keberadaan mantan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut. Akan tetapi, lembaga antirasuah ini masih irit informasi tentang identitas dan peran Melita.

Hal yang sama juga masih enggan dikonfirmasi KPK terkait identitas dan peran detil dua saksi yang sempat diperiksa dalam kasus yang sama. Penyidik tercatat pernah memeriksa seorang pengacara bernama Simeon Petrus dan mahasiswa bernama Hugo Ganda, pekan lalu.

"Dikonfirmasi antara lain terkait dengan keberadaan dari tersangka HM," kata Ali Fikri. "Juga soal dugaan adanya pihak tertentu yang melindungi tersangka dimaksud sehingga menghambat proses pencarian dari tim penyidik."