Logo Bloomberg Technoz

DPR Cecar Bos Antam: Berapa Harga Merek Sekali Cap Emas?

Redaksi
03 June 2024 15:15

Karyawan menunjukkan emas imitasi di salah satu butik emas Antam di Jakarta, Jumat (2/2/2022). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan menunjukkan emas imitasi di salah satu butik emas Antam di Jakarta, Jumat (2/2/2022). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - DPR Komisi VII mencecar sejumlah petinggi Antam, termasuk Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) Nicholas D. Kanter soal dugaan skandal emas palsu Antam 109 ton dalam kurun 2010-2021.

Anggota Komisi VII Fraksi NasDem, Subardi salah satunya mempertanyakan berapa harga merek cap Antam yang diberikan kepada emas milik swasta yang diproduksi Antam. Pertanyaan itu disampaikan Subardi dalam rapat dengar pendapat dengan sejumlah BUMN tambang di Komisi VII, Senin (3/6/2024).

"Ada satu hal yang tidak dijelaskan, Antam adalah merek. Dia punya hak merek. Adakah harga hak merek yang dibuat Antam. Apakah Antam memberikan tarif untuk mencetak merek? berapa (tarif cap) satu ton-nya? berapa satu kg-nya?" ujar Subardi.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi VI lainnya, Herman Khaeron. 

Dia melihat ada ambiguitas penjelasan Dirut Antam, Nicolas D Kanter mengenai klarifikasi emas palsu. Khaeron mengaku heran karena penjelasan Nicolas, aktivitas manufakturing berupa pengecapan terhadap emas dari luar, emas dari swasta, juga meningkatkan penghasilan untuk Antam.