Logo Bloomberg Technoz

Toyota Stop Jual 3 Jenis Mobil Dampak Skandal, Ada Yaris Cross

News
03 June 2024 14:37

Pengunjung mengamati mobil Toyota dalam pameran IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pengunjung mengamati mobil Toyota dalam pameran IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Nicholas Takahashi - Bloomberg News

Bloomberg, Jepang menangguhkan pengiriman dan penjualan enam kendaraan yang saat ini beredar di jalan, termasuk tiga kendaraan yang diproduksi oleh Toyota Motor Corp, yang memperparah skandal keselamatan yang melibatkan beberapa produsen mobil terkemuka di dunia. 

Toyota menyerahkan data yang salah selama tes keselamatan pejalan kaki untuk tiga model saat ini, Corolla Fielder, Corolla Axio dan Yaris Cross, dan menggunakan kendaraan uji yang dimodifikasi selama tes keselamatan tabrakan untuk empat model sebelumnya, termasuk Crown, kata kementerian transportasi pada hari Senin. Perusahaan ini termasuk di antara lima produsen mobil, termasuk Honda Motor Co. dan Mazda Motor Corp. yang ditemukan memalsukan atau memanipulasi data keselamatan ketika mengajukan permohonan sertifikasi. 

Secara keseluruhan, kementerian mengidentifikasi 32 kendaraan yang diproduksi sebelumnya tidak memiliki sertifikasi yang benar. Para pejabat akan melakukan investigasi di tempat terhadap kantor pusat Toyota di Nagoya pada hari Selasa, kata kementerian itu.

Saham Toyota turun sebanyak 2,4% di Tokyo. Saham Mazda turun lebih dari 4%, sementara Yamaha Motor Co. turun sebanyak 2,1%. Suzuki Motor Corp. memangkas keuntungan sebelumnya.