Logo Bloomberg Technoz

China Tuding MI6 Rekrut Dua Pejabatnya Jadi Mata-mata Inggris

News
03 June 2024 15:30

Bendera Inggris dan bendera China. (Dok: Bloomberg)
Bendera Inggris dan bendera China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China mengatakan sepasang suami istri yang bekerja di pemerintah pusat tertangkap basah menjadi mata-mata untuk Inggris, sehingga meningkatkan perselisihan antara kedua negara atas tuduhan spionase.

Kementerian Keamanan Negara (MSS) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya mengambil "tindakan tegas" terhadap pasangan yang bekerja di lembaga pemerintah yang tidak disebutkan karena mereka memberikan informasi intelijen kepada Inggris untuk mendapatkan uang.

Badan intelijen Inggris, MI6, diduga mendekati pria tersebut pada tahun 2015 ketika dia belajar di Inggris sebagai bagian dari program pertukaran pelajar. Dia awalnya setuju untuk memberikan layanan konsultasi yang melibatkan "informasi internal inti" tentang lembaga-lembaga pemerintah pusat, kata MSS pada Senin (3/6/2024).

MI6 kemudian melatihnya dalam teknik spionase dan menyuruhnya kembali ke China untuk mengumpulkan informasi intelijen, kata agen mata-mata utama Beijing, menambahkan bahwa Inggris akhirnya merekrut istrinya. Nama lengkap pasangan itu tidak disebutkan.