Logo Bloomberg Technoz

Diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Agung menetapkan enam tersangka, yakni para general manager (GM) di Unit Bisnis Pengolahan & Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) PT Antam Tbk. Keenam tersangka secara bersama-sama dengan pihak swasta melawan hukum melakukan persekongkolan dengan menyalahgunakan jasa manufaktur yang diselenggarakan oleh UBPP LM.

"109 ton (emas Antam ilegal) yang diedarkan di pasar secara bersamaan logam PT Antam (Tbk) resmi," ujar Dirdik Jampidsus Kejagung, Kuntadi dalam konferensi pers, Rabu (29/5/2024) malam.

Ramai Skandal Emas Antam Palsu, Ini Tanda Kalau Emas Anda Asli (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Antam Membantah Kejagung

PT Antam (Tbk) membantah pernyataan Kejaksaan Agung (Kejagung) yang menyebut terdapat 109 ton emas Antam palsu yang beredar di masyarakat kurun 2010-2021. 

"Perusahaan memastikan bahwa pemberitaan tersebut adalah tidak benar," ujar Sekretaris Perusahaan ANTM Syarif Faisal Alkadrie, dalam keterangannya, Jumat (31/5/2024).

Melalui keterangan tersebut, Syarif menegaskan seluruh produk emas logam mulia Antam dilengkapi sertifikat resmi dan diolah di satu-satunya pabrik pengolahan dan pemurnian emas di Indonesia yang telah tersertifikasi London Bullion Market Association (LBMA).

(ain)

No more pages