Logo Bloomberg Technoz

SpaceX Akan Luncurkan Telepon yang Terhubung Langsung ke Starlink

Redaksi
03 June 2024 13:40

Ilustrasi Starlink. (Dok: tangkapan layar divisi Startlink milik SpaceX)
Ilustrasi Starlink. (Dok: tangkapan layar divisi Startlink milik SpaceX)

Bloomberg Technoz, Jakarta - SpaceX akan meluncurkan layanan telepon langsung-ke-seluler Starlink pada musim gugur 2024. Rencana perusahaan ini disebutkan dalam pengajuan yang diajukan ke Komisi Komunikasi Federal (FCC).

"SpaceX menghargai kepemimpinan Komisi dalam mengadopsi kerangka kerja peraturan yang fleksibel untuk cakupan tambahan dari luar angkasa ('SCS') yang akan memungkinkan cakupan seluler di mana-mana untuk konsumen dan responden pertama dan akan menjadi contoh yang kuat untuk diikuti oleh negara lain. SpaceX mendukung hampir semua Perintah SCS Komisi baru-baru ini dan berharap dapat meluncurkan layanan langsung-ke-seluler komersial di Amerika Serikat pada musim gugur ini," demikian tertulis dalam pengajuan tersebut, seperti dilansir Teslarati, Senin (3/6/2024).

Pengajuan FCC juga memberikan beberapa rincian tentang rencana lebih lanjut SpaceX untuk teknologi langsung-ke-seluler Starlink. Meskipun sistem langsung-ke-seluler Starlink dirancang untuk menyediakan kemampuan teks, suara, dan penjelajahan web kepada pengguna selama peluncurannya, fitur-fitur yang lebih canggih dapat diluncurkan di masa depan.

"Meskipun SpaceX saat ini bermaksud untuk menyediakan teks, suara, dan penjelajahan web melalui jaringan cakupan tambahan, inovasi di masa depan dapat memungkinkan layanan cakupan tambahan yang lebih kuat dan fitur-fitur yang lebih baik. Meskipun layanan yang ditingkatkan ini tidak akan menggantikan jaringan seluler terestrial, ini akan menyediakan sumber konektivitas yang ditingkatkan di mana jaringan tersebut tidak ada," kata pengajuan FCC.