Logo Bloomberg Technoz

3 PR Besar Basuki Sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara yang Baru

Dovana Hasiana
03 June 2024 11:55

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai rapat persiapan mudik di DPR, Selasa (2/4/2024). (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai rapat persiapan mudik di DPR, Selasa (2/4/2024). (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Sederet tugas dan pekerjaan rumah menanti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono sebagai Plt Kepala Otoritas Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara yang baru, menggantikan Bambang Susantono yang mengundurkan diri dari jabatan tersebut.

Basuki akan mengepalai OIKN bersama dengan Plt Wakil Kepala OIKN, yakni Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPR) Raja Juli Antoni, pengganti Dhony Rahajoe yang juga mengundurkan diri.

Dia mengatakan keduanya akan melanjutkan tugas-tugas pembangunan IKN Nusantara sampai dengan kepala dan wakil kepala OIKN definitif ditunjuk sesuai perundang-undangan.

“Fokus [tugas kami yang pertama] adalah mempercepat pelaksanaan program yang sudah dibuat Otorita IKN dalam pembangunan IKN. Kami berdua ditugasi untuk mempercepat pelaksanaan program tersebut, sesuai dengan urban design dari hasil sayembara yang lalu dengan konsep Negara Nusa Rimba,” ujar Basuki dalam konferensi pers, Senin (3/6/2024). 

Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: YouTube Setpres)

Dia tidak menampik dalam melaksanakan mandat tersebut, OIKN masih dihadapkan pada masalah pembebasan tanah dan investasi. Untuk menyelesaikan isu tersebut, Basuki dan Raja akan segera memutuskan status tanah di IKN yang akan dijual, disewa, dan dikerjasamakan melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).