Logo Bloomberg Technoz

Tantangan bagi Sheinbaum, 61 tahun, adalah bahwa ia berutang kemenangan kepada AMLO dan sekarang harus berhati-hati dalam mengelola warisannya. AMLO memiliki peringkat persetujuan sekitar 60%, yang berarti ia dapat dengan mudah memenangkan pemungutan suara jika konstitusi tidak melarang presiden untuk mencalonkan diri kembali.

Jadi, meskipun Sheinbaum berjanji dalam kampanye untuk menjalankan visinya, ia tidak bisa membiarkan krisis keamanan publik memburuk. Pemilu terbesar yang pernah ada di Meksiko ini juga merupakan yang paling mematikan dalam sejarah modernnya.

Pollster Sheinbaum Galvez Maynez Tidak menjawab
Meba 63,2 26,5 10,3 n/a
Enkoll 57,8 29,1  11,4 1,7
Buendia & Marquez 59 30 11 n/a


Warisan AMLO

Di tengah-tengah ekonomi yang melemah, ia juga harus menemukan solusi permanen untuk Petroleos Mexicanos, perusahaan minyak milik negara, perusahaan minyak dengan utang terbesar di dunia, yang telah menjadi beban bagi keuangan publik. Perusahaan-perusahaan pemeringkat telah memperingatkan bahwa tidak ada tindakan apa pun yang dapat membuat Meksiko kehilangan peringkat investasinya.

Keunggulan lebar Sheinbaum akan memberinya ruang untuk bermanuver. Hal ini menunjukkan bahwa Morena dan partai-partai sekutunya siap untuk melakukan kinerja legislatif yang kuat, kemungkinan besar akan mempertahankan kontrol di kedua majelis kongres dan bahkan mungkin mendapatkan dua pertiga kursi. Sebuah supermayoritas memberinya kekuatan untuk menyetujui perubahan konstitusional yang telah luput dari AMLO.

Hasil Kongres diperkirakan akan memakan waktu lebih lama untuk dirilis.

"Terpilihnya dia akan menjadi sebuah ucapan terima kasih atas apa yang telah dilakukan AMLO dan juga merupakan sebuah ucapan antusiasme untuk Sheinbaum sendiri," kata Andrew Paxman, seorang profesor sejarah di Pusat Penelitian dan Pengajaran Ekonomi. "Apakah itu cukup baginya untuk tetap menjadi pemimpin yang efektif masih harus dilihat karena tanda tanya ini adalah hubungan masa depannya dengan kongres."

Meskipun kemenangan dengan selisih suara yang besar akan membantu Sheinbaum mendorong agendanya melalui kongres, sebuah pertanyaan krusial tetap ada: Apakah pemerintahannya hanya akan menjadi perpanjangan tangan AMLO atau akankah ia mencari perubahan yang berarti untuk mengatasi masalah-masalah yang paling mendesak di Meksiko?

Prospek Morena untuk menjadi kekuatan politik yang lebih kuat, ditambah dengan ketidakpastian mengenai apakah Sheinbaum akan mengupayakan reformasi kontroversial terhadap sistem peradilan dan pemilihan umum yang diupayakan AMLO dan gagal disetujui, telah membuat para investor khawatir. Mereka lebih memilih oposisi yang kuat yang dapat menahannya.

Bahkan jika ia memutuskan untuk melakukan perubahan, tidak pasti seberapa jauh ia akan mampu melangkah. Selama enam tahun masa jabatannya, AMLO telah membuat perubahan besar pada lembaga-lembaga seperti militer, yang ia ubah tidak hanya menjadi pasukan keamanan yang paling terlihat di negara ini, tetapi juga menjadi raksasa konstruksi yang bertanggung jawab untuk membangun dan menjalankan bandara, jalur kereta api, dan proyek-proyek infrastruktur lainnya.

Dia juga harus mempertimbangkan apakah akan menerapkan reformasi yang ramah bisnis dan mendorong investasi di bidang energi, air, dan proyek-proyek infrastruktur lainnya agar Meksiko dapat mengambil keuntungan penuh dari tren nearshoring yang membuat perusahaan-perusahaan ingin pindah lebih dekat ke pasar konsumen AS yang besar.

Super Peso

Di bawah AMLO, mata uang nasional menjadi mata uang dengan kinerja terbaik di pasar negara berkembang. "Super peso" pada awalnya merupakan perkembangan yang disambut baik karena merangsang konsumsi impor dalam negeri. Namun, hal ini telah menjadi beban bagi perekonomian, meningkatkan biaya produksi eksportir dan melemahkan daya beli pengiriman uang yang diterima orang Meksiko dari kerabatnya di luar negeri.

Peso Meksiko (Dok: Bloomberg)

Banyak kebijakan Sheinbaum--mulai dari hubungan dengan China hingga migrasi--juga akan bergantung pada siapa Presiden AS berikutnya. Kemungkinan kembalinya Donald Trump ke Gedung Putih dapat menjadi faktor yang menyulitkan karena tidak jelas apakah kedua pemimpin tersebut akan akur.

Di dalam negeri, Sheinbaum juga harus menjaga agar koalisi yang berkuasa tetap bersatu. Morena memiliki akar sayap kiri tetapi telah berkembang menjadi tuan rumah bagi anggota yang membelot dari partai-partai lain, menjadi gabungan dengan sedikit konsistensi ideologis.

Presiden yang akan keluar telah berjanji untuk menyerahkan tampuk kekuasaan dan kembali ke peternakannya setelah meninggalkan jabatannya, namun apakah dia benar-benar siap untuk meninggalkan sorotan adalah pertanyaan lain--terutama jika koalisi yang berkuasa mulai retak.

Beberapa pemimpin bisnis melihat tanda-tanda bahwa Sheinbaum dapat menjadi lebih ramah terhadap sektor swasta, dan lebih terbuka untuk mengubah kebijakan energi nasionalis yang diterapkan oleh AMLO. Hal itu masih harus dilihat. Dia sebagian besar tetap berpegang pada prinsip-prinsip dasar yang membuat pemimpin sebelumnya begitu populer, berjanji untuk memperluas program-program kesejahteraan dan mengecam korupsi di semua tingkatan.

(bbn)

No more pages