Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham India Cetak Rekor Respons Exit Poll Modi Menang

News
03 June 2024 12:50

Bursa India (Dok: Bloomberg)
Bursa India (Dok: Bloomberg)

Alex Gabriel Simon dan Chiranjivi Chakraborty - Bloomberg News

Bloomberg, Harga saham-saham di bursa India melonjak ke rekor, saat yang sama nilai tukar rupee dan harga obligasi pemerintah mengalami kenaikkan, setelah exit poll yang memperlihatkan kemenangan sementara partai berkuasa Perdana Menteri Narendra Modi. Sentimen ini jadi pemicu gelombang euforia di seluruh pasar keuangan negara tersebut.

Indeks NSE Nifty 50 menguat sebanyak 3,6%, setelah sebagian besar jajak pendapat menunjukkan aliansi yang dipimpin oleh Partai Bharatiya Janata mengamankan mayoritas yang nyaman antara 350 dan 400 kursi dalam pemilihan umum yang berakhir pada hari Sabtu.

Jumlah ini jauh lebih banyak daripada 272 kursi yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan berikutnya. Nilai tukar Rupee naik paling tinggi dalam lebih dari satu tahun terhadap dollar, sementara obligasi 10 tahun naik tipis. 

Kemenangan telak akan memungkinkan partai Modi untuk mendorong kebijakan-kebijakan yang sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi India, yang sudah menjadi salah satu yang tercepat di dunia. Proyeksi kemenangan ini dapat memperbaharui antusiasme investor asing terhadap pasar saham India yang bernilai US$4,7 triliun, yang secara singkat menyalip Hong Kong tahun ini sebagai pasar saham terbesar keempat di dunia.