Logo Bloomberg Technoz

Materi yang bocor menunjukkan bahwa Google mengumpulkan dan berpotensi menggunakan data yang menurut perwakilan perusahaan tidak berkontribusi pada peringkat halaman web di Google Penelusuran, seperti klik, data pengguna Chrome, dan banyak lagi.

Ribuan halaman dokumen tersebut berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi bagi karyawan Google, tetapi tidak jelas data apa saja yang secara rinci digunakan untuk menentukan peringkat konten pencarian--informasi tersebut bisa jadi sudah kedaluwarsa, hanya digunakan untuk tujuan pelatihan, atau dikumpulkan tetapi tidak digunakan untuk Penelusuran secara khusus.

Dokumen-dokumen tersebut juga tidak mengungkapkan bagaimana elemen-elemen yang berbeda diberi bobot dalam penelusuran, jika ada.

Namun, informasi yang dipublikasikan kemungkinan besar akan menimbulkan riak di seluruh industri pengoptimalan mesin pencari (SEO), pemasaran, dan penerbitan. Google biasanya sangat merahasiakan cara kerja algoritma pencariannya, tetapi dokumen-dokumen ini- bersama dengan kesaksian baru-baru ini dalam kasus antimonopoli Departemen Kehakiman AS--telah memberikan kejelasan lebih lanjut tentang sinyal apa yang dipikirkan Google dalam menentukan peringkat situs web.

Pilihan yang dibuat Google dalam penelusuran memiliki dampak yang sangat besar bagi siapa pun yang mengandalkan web untuk bisnis, mulai dari penerbit independen kecil, restoran, hingga toko online. Sebagai gantinya, sebuah industri yang terdiri dari orang-orang yang berharap dapat memecahkan kode atau mengakali algoritma telah bermunculan, memberikan jawaban yang terkadang saling bertentangan.

Ketidakjelasan dan pemilihan kata yang dilakukan Google tidak membantu, tetapi masuknya dokumen internal menawarkan, setidaknya, gambaran tentang apa yang dipikirkan oleh perusahaan yang mendominasi web ini.

(red/ros)

No more pages