Logo Bloomberg Technoz

Resep Rahasia SEO Google Bocor di Internet

Redaksi
03 June 2024 12:30

Perusahaan teknologi Google. (Dok: Bloomberg)
Perusahaan teknologi Google. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebuah koleksi dari 2.500 dokumen internal Google bocor dan berisi rincian tentang data yang dikumpulkan perusahaan.

Dokumen-dokumen tersebut merinci data yang disimpan oleh Google, beberapa di antaranya mungkin digunakan dalam algoritma peringkat pencarian yang dijaga ketat. Dokumen-dokumen tersebut menawarkan pandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya--meskipun masih samar--di balik layar salah satu sistem yang paling penting dalam membentuk web.

"Kami memperingatkan agar tidak membuat asumsi yang tidak akurat tentang penelusuran berdasarkan informasi yang tidak sesuai dengan konteks, ketinggalan zaman, atau tidak lengkap," kata juru bicara Google Davis Thompson, dilansir The Verge, Senin (3/6/2024).

"Kami telah membagikan informasi ekstensif tentang cara kerja penelusuran dan jenis-jenis faktor yang menjadi pertimbangan sistem kami, sekaligus berupaya melindungi integritas hasil penelusuran dari manipulasi."

Keberadaan materi yang bocor tersebut pertama kali diuraikan oleh pakar search engine optimization (SEO) Rand Fishkin dan Mike King, yang masing-masing mempublikasikan analisis awal dari dokumen dan isinya pada awal pekan ini. Google tidak menanggapi beberapa permintaan komentar dari The Verge kemarin mengenai keaslian bocoran tersebut.