Logo Bloomberg Technoz

Manufaktur China Terbangun dari Tidur Panjang, Industri RI Waswas

Redaksi
03 June 2024 11:10

Buruh pabrik China. (Dok: Bloomberg)
Buruh pabrik China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Sebuah survei independen mengungkapkan aktivitas manufaktur China per Mei 2024 ternyata sudah berekspansi pada kecepatan tertinggi dalam hampir 2 tahun terakhir.

Laporan tersebut sangat kontras dengan data statistik resmi pemerintah setempat, yang justru menyebut prospek pertumbuhan industri Negeri Panda masih lemah.

Dilansir Senin (3/6/2024), purchasing managers index (PMI) manufaktur Caixin tercatat naik menjadi 51,7 pada bulan lalu dari 51,4 pada April. Angka itu sedikit di atas perkiraan median para ekonom sebesar 51,6 dalam jajak pendapat Bloomberg dan tertinggi sejak Juni 2022. Angka di atas 50 menunjukkan adanya ekspansi.

Hasil survei Caixin tersebut berbanding terbalik dengan data PMI manufaktur resmi dari Pemerintah China yang diterbitkan pada Jumat pekan lalu, yang menunjukkan kontraksi tak terduga dalam aktivitas pabrik bulan lalu. 

Indeks manufaktur China oleh Caixin./dok Bloomberg

Kedua survei tersebut mencakup ukuran sampel, lokasi geografis, dan jenis usaha yang berbeda, dengan jajak pendapat Caixin berfokus pada perusahaan-perusahaan kecil dan berorientasi ekspor.