Logo Bloomberg Technoz

3 Infrastruktur Listrik Tegangan Tinggi Sudah Terpasang di IKN

Redaksi
03 June 2024 10:40

Menhan Prabowo Subianto mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk melihat progres pembangunan tata ruang IKN, Kalimantan Timur. (Instagram @prabowo)
Menhan Prabowo Subianto mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk melihat progres pembangunan tata ruang IKN, Kalimantan Timur. (Instagram @prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta Sebanyak 3 unit infrastruktur sistem kelistrikan bertegangan tinggi telah dirampungkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, sebagai persiapan peringatan HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus.

Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Darmawan Prasodjo mengatakan ketiga infrastruktur tersebut terdiri dari 1 unit gas insulated switchgear (GIS) dan 2 unit jaringan transmisi bertegangan 150 kilovolt (kV).

“Ketiganya dibangun dengan realisasi tingkat komponen dalam negeri [TKDN] sebesar 67,29%. [Pembangunan sistem kelistrikan tegangan tinggi tersebut juga] merupakan komitmen penuh untuk membangun IKN dengan konsep Kota Hutan,” ujarnya melalui pernyataan resmi, Senin (3/6/2024). 

Darmawan melanjutkan penyelesaian infrastruktur kelistrikan ini juga turut menyumbang peningkatan progres pembangunan IKN, yang didesain untuk memanfaatkan sumber energi bersih dengan dukungan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) paling mutakhir dan estetik. 

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur Raja Muda Siregar menambahkan perseroan telah berhasil menyelesaikan infrastruktur kelistrikan dalam waktu yang cepat dan tanpa mengganggu sistem kelistrikan eksisting.