Logo Bloomberg Technoz

8 Pertashop di Luar Jawa Sudah Mulai Jualan Pertalite

Dovana Hasiana
03 June 2024 09:50

Gerai Pertashop./dok. Pertamina
Gerai Pertashop./dok. Pertamina

Bloomberg Technoz, Jakarta Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mencatat terdapat 8 Pertashop yang sudah menjual Pertalite sejak 26 Mei 2024, dengan catatan status perizinannya sudah berubah menjadi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) kompak atau compact gas station.

Anggota BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan delapan Pertashop yang sudah mendapatkan izin sebagai SPBU kompak tersebut tersebar di Sulawesi. Sementara, total Pertashop yang saat ini beredar di Indonesia mencapai 6.400 unit.

“Per 26 Mei 2024, [sebanyak] 8 telah salurkan Pertalite di Sulawesi. [Dari] sekitar 6.400-an unit,” ujar Saleh ketika dihubungi, Senin (3/6/2024). 

Saleh mengatakan BPH Migas berharap keuangan Pertashop bakal membaik setelah menjual Pertalite. Namun, lanjutnya, hal tersebut tentu bergantung pada pemiliknya. 

Warga mengisi BBM di SPBU Pertashop di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta, Minggu (5/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)


Menurut Saleh, pemilik Pertashop bakal menghitung dengan cermat mengenai keuntungan tersebut. Apalagi, margin Pertamax lebih tinggi dibandingkan dengan Pertalite.