Logo Bloomberg Technoz

Ini merupakan sinyal bahwa industri AS sedang memasuki fase baru bagi perusahaan-perusahaan eksplorasi dan produksi ini. Karena para pemegang saham menuntut pertumbuhan imbal hasil, para bos minyak membeli saingan mereka untuk memangkas biaya dan memperpanjang usia aset mereka sehingga mereka dapat terus meningkatkan pembelian kembali dan dividen bagi para investor.

Minyak (Dok: Bloomberg)

Tembaga

Pasar tembaga global dicengkeram kekhawatiran akan kekurangan pasokan, yang telah mendorong harga ke rekor tertinggi. Namun di China, produsen dan konsumen terbesar di dunia untuk logam olahan, ada lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Di tengah-tengah pemutusan hubungan tersebut adalah pabrik-pabrik peleburan tembaga yang terus berkembang di negara ini. Industri ini mempertahankan produksi pada tingkat yang mendekati rekor--melawan kelangkaan bahan baku--karena harga yang lebih tinggi membuka lebih banyak besi tua untuk diproses.

Tembaga (Dok: Bloomberg)

Kopi

Harga kopi robusta berjangka telah naik selama tiga bulan berturut-turut di tengah kekhawatiran bahwa stok yang rendah dan berkurangnya produksi di musim berikutnya di negara produsen utama Vietnam akan membuat suplai terus menipis.

Kontrak paling aktif mencapai puncaknya di US$4.388 per ton pada Kamis, tertinggi dalam data sejak tahun 2008, sebelum kemudian turun. Hal ini membantu mendorong ukuran volatilitas 60 hari ke level tertinggi selama periode tersebut. Cuaca panas dan kering di Vietnam telah memicu kekhawatiran mengenai panen berikutnya, dan meskipun wilayah kopi di negara Asia ini telah mengalami hujan, hujan tidak dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh kekeringan.

Kpoi robusta (Dok: Bloomberg)

Gas Alam

Dana investasi adalah yang paling bullish terhadap harga gas Eropa sejak sebelum krisis energi, sinyal terbaru bahwa kekhawatiran akan pasokan kembali meningkat. Posisi net-long dalam patokan gas berjangka Belanda yang dipegang oleh dana investasi adalah yang tertinggi sejak Januari 2022, sebulan sebelum invasi Moskow ke Ukraina yang mengguncang pasar, menurut data terbaru dari Intercontinental Exchange Inc.

Taruhan bullish mengindikasikan bahwa pasar masih rapuh terhadap potensi gangguan pasokan, termasuk pemeliharaan yang meluas di fasilitas-fasilitas di pemasok utama Norwegia dan juga aliran gas Rusia melalui Ukraina.

Gas alam (Dok: Bloomberg)

Solar Panel

Tahun ini diperkirakan akan menjadi tahun rekor baru untuk tenaga surya, dengan BloombergNEF memperkirakan 585 gigawatt modul akan dipasang--hampir sepertiga lebih tinggi dari tahun lalu. Ekspansi di industri ini telah melampaui penyebarannya, sehingga ada potensi kapasitas di seluruh rantai nilai untuk menghasilkan sekitar 1.100 gigawatt.

Meskipun beberapa pabrik berhenti beroperasi untuk pemeliharaan, harga bahan baku polisilikon dan modul telah mencapai titik terendah sepanjang masa. BNEF memperkirakan margin yang buruk bagi produsen akan terus berlanjut hingga setidaknya tahun 2025.

Solar (Dok: Bloomberg)

(bbn)

No more pages