Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Netanyahu mengatakan bahwa mencegah terjadinya pembantaian 7 Oktober--pembantaian terburuk dalam sejarah negara itu--adalah kriteria yang salah. Posisinya tetap pada pendiriannya bahwa Hamas, yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh AS dan Uni Eropa, harus dilucuti dari kapasitas agresifnya dan Israel tidak akan berhenti sampai hal itu tercapai.

Biden memaparkan rencana tiga tahap pada Jumat yang menurutnya adalah rencana Israel: gencatan senjata selama enam minggu yang melibatkan pertukaran tawanan dan peningkatan bantuan, diikuti dengan fokus pada gencatan senjata permanen dan pemindahan pasukan Israel dari Gaza, dan, akhirnya, rekonstruksi besar-besaran.

Hamas mengatakan bahwa mereka menyambut baik setiap proposal yang "didasarkan pada gencatan senjata permanen" dan juga "penarikan total dari Jalur Gaza."

Para pejabat Israel mengatakan bahwa rencana yang mereka setujui tidak termasuk gencatan senjata permanen dan Netanyahu mengeluarkan dua pernyataan pada akhir pekan yang bertentangan dengan Biden.

Dalam pernyataan pertama, Netanyahu mengatakan bahwa ia telah memberi wewenang kepada para negosiatornya untuk mengajukan proposal yang bertujuan untuk mengembalikan 100 lebih sandera yang masih berada di Gaza, namun juga akan memungkinkan Israel untuk melanjutkan perang sampai semua tujuannya tercapai, termasuk penghancuran kemampuan militer dan pemerintahan Hamas.

Pernyataan kedua lebih tegas: "Kondisi Israel untuk mengakhiri perang tidak berubah: penghancuran kemampuan militer dan pemerintahan Hamas, pembebasan semua sandera, dan memastikan bahwa Gaza tidak lagi menjadi ancaman."

Gagasan bahwa Israel akan menyetujui gencatan senjata permanen sebelum syarat-syarat tersebut dipenuhi "adalah tidak mungkin," tambah pernyataan itu.  

Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan pada Minggu bahwa Israel sedang mengupayakan sebuah alternatif bagi kekuasaan Hamas di Gaza yang melibatkan pengisolasian daerah-daerah untuk menyingkirkan para pejuang Hamas dan memperkenalkan pasukan yang akan memungkinkan terbentuknya sebuah pemerintahan alternatif.

Para pejabat Gedung Putih mengatakan kepada para wartawan pada Sabtu bahwa komentar Netanyahu terkait dengan politik dalam negeri dan merupakan bagian dari upaya untuk menenangkan sayap kanannya.

Namun, hal itu tampaknya hanya angan-angan dari para pejabat yang memiliki kesulitan politiknya sendiri--kaum muda Demokrat yang condong ke kiri dan muda yang mungkin tidak akan memilih Biden pada November karena perang Gaza.

Mitra koalisi sayap kanan Netanyahu memang menolak apa yang diajukan Biden atas nama Israel. Seperti yang dikatakan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich pada Sabtu malam, "Saya baru saja berbicara dengan perdana menteri dan menjelaskan kepadanya bahwa kami tidak akan mengambil bagian dalam pemerintahan yang menyetujui garis besar yang diusulkan dan mengakhiri perang tanpa menghancurkan Hamas."

Namun, kekhawatiran tidak hanya berasal dari kalangan sayap kanan. Benny Gantz, seorang anggota sentris dari kabinet perang Israel, tidak menyambut baik pidato Biden, dan hanya mengatakan bahwa inilah saatnya "untuk merumuskan langkah-langkah selanjutnya."

Meskipun demikian, ada tekanan yang meningkat di Israel untuk sebuah kesepakatan yang membebaskan para sandera, bahkan dengan mengorbankan mengakhiri perang. Pemimpin oposisi Yair Lapid mendukung pidato Biden, begitu pula Presiden Isaac Herzog, dan demonstrasi mingguan di Israel yang mengadvokasi diakhirinya perang telah berkembang menjadi lebih dari 100.000 orang. Bocoran dari dalam tim negosiasi Israel memperjelas bahwa beberapa anggota akan menerima penghentian perang dengan imbalan pembebasan semua sandera.

Para anggota badan keamanan Israel--termasuk para mantan jenderal yang menjalankan lembaga pemikir--juga siap untuk itu. Mereka mengatakan bahwa dengan 36.000 warga Gaza yang tewas, menurut perkiraan Hamas, dan tidak ada tanda-tanda akan tertangkapnya para pemimpin tinggi Hamas, Israel harus fokus untuk memperbaiki hubungannya dengan Washington dan dunia Arab daripada melanjutkan pertempuran.

Beberapa pihak telah mengambil langkah untuk mendukung argumen Biden bahwa "perang tanpa batas waktu untuk mengejar gagasan 'kemenangan total' yang tidak teridentifikasi hanya akan membuat Israel semakin terpuruk di Gaza, menguras sumber daya ekonomi, militer, dan sumber daya manusia, dan semakin mengisolasi Israel di dunia."

Pidato Biden jelas ditujukan untuk memperkuat perspektif tersebut dan mendorong Netanyahu untuk masuk ke dalam kubu tersebut. Pada Minggu, masih jauh dari jelas apakah itu berhasil.

(bbn)

No more pages