Logo Bloomberg Technoz

Bertemu Prabowo, Zelenskiy Galang Dukungan Buat Ukraina

Sultan Ibnu Affan
02 June 2024 16:35

Prabowo Subianto di IISS Shangri-La Dialogue, Singapura, Minggu (2/6/2024)./dok. Biro Humas Kemenhan
Prabowo Subianto di IISS Shangri-La Dialogue, Singapura, Minggu (2/6/2024)./dok. Biro Humas Kemenhan

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy usai kunjungan bilateral dalam agenda International Institute for Strategic (IISS) Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura, Sabtu (1/6/2024).

Dalam pertemuan itu, Prabowo, yang juga menjadi Presiden Terpilih saat ini mengatakan pembahasan mengenai kerja sama pertahanan antarnegara, termasuk isu global yang mendesak.

“Salam hangat dan apresiasi kepada Presiden Ukraina atas inisiatif pertemuan hari ini, khususnya untuk membahas persoalan pertahanan,” ujar Prabowo dalam siaran resmi Kemenhan, Minggu (2/6/2024).

Selain itu, kedua pihak menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional di tengah terjadinya sejumlah konflik dan ancaman terorisme. Kedua negara sepakat perlunya melakukan dialog damai dan solusi melalui upaya diplomatik.

Isu-isu kemanusiaan, termasuk di Gaza saat ini juga diklaim tak luput dari agenda pembahasan pertemuan tersebut, yang di mana Indonesia dan Ukraina sama-sama menekankan urgensi memberikan bantuan kemanusiaan dan memastikan akses ke populasi yang terdampak di zona konflik.