Logo Bloomberg Technoz

Jepang-Korsel Jajaki Pertalian Militer Usai Cekcok 5 Tahun

News
02 June 2024 17:00

Tim Black Eagles Angkatan Udara Korea Selatan manuver dengan jet T-50 di Singapore Airshow, Singapura, Selasa (20/2/2024). (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Tim Black Eagles Angkatan Udara Korea Selatan manuver dengan jet T-50 di Singapore Airshow, Singapura, Selasa (20/2/2024). (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Hideyuki Sano dan Youkyung Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Jepang dan Korea Selatan (Korsel) akan melanjutkan perundingan militer tingkat tinggi setelah mencapai kesepakatan mengenai langkah-langkah untuk mencegah terulangnya pertikaian maritim, kata menteri pertahanan kedua negara pada Sabtu (1/6/2024) malam.

Kesepakatan tersebut diharapkan dapat membantu memperkuat hubungan pertahanan antara kedua negara bertetangga tersebut, dan mengakhiri pertikaian selama 5 tahun menyusul perselisihan mengenai insiden antara pesawat patroli maritim Jepang dan kapal perang Korea Selatan pada bulan Desember 2018.

Menteri Pertahanan Jepang Minoru Kihara dan Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Wonsik, dalam pernyataan bersama, mengatakan mereka sepakat bahwa kerja sama pertahanan kedua negara penting dalam menghadapi masalah keamanan regional dan ancaman dari Korea Utara.

Kedua negara akan meningkatkan pertukaran di berbagai bidang untuk memajukan kerja sama pertahanan antara AS dan kedua sekutunya, dan akan melanjutkan pembicaraan pertahanan wakil menteri tahunan serta dialog pertahanan tingkat kerja, menurut pernyataan tersebut.