Logo Bloomberg Technoz

Adik Prabowo Lirik Proyek PLTA Kayan Usai Sumitomo Cabut

Dovana Hasiana
02 June 2024 13:30

Hashim Djojohadikusumo.. (Tangkapan Layar via website yad.or.id)
Hashim Djojohadikusumo.. (Tangkapan Layar via website yad.or.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta Komisaris Utama Arsari Group, sekaligus adik dari presiden terpilih ke-8 Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo menyatakan perusahaan memiliki minat terhadap proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade di Kalimantan Utara (Kaltara).  

Adapun, pernyataan ini dilontarkan usai PT Kayan Hydro Energy (KHE) resmi menyelesaikan kerja sama dengan Sumitomo Corporation dalam pembiayaan pembangunan PLTA Kayan Cascade di Kaltara. Kendati demikian, Hashim memastikan perusahaan masih harus melakukan peninjauan lebih lanjut.

“Terkait [dengan proyek] Kayan, kami ada ketertarikan, tetapi masih ditinjau lebih lanjut,” ujar Hashim dalam keterangan yang diterima Bloomberg Technoz, dikutip Minggu (2/6/2024).

Dalam kaitan itu, Hashim menggarisbawahi perusahaan sudah lama tertarik dengan bisnis ramah lingkungan. “Bahkan salah satu usaha kami sekarang berfokus pada solusi berbasis alam.”

Presiden Jokowi groundbreaking PLTA Mentarang Induk PT Kayan Hydropower Nusantara (BPMI Setpres)

Sekadar catatan, KHE membuka peluang untuk bekerja sama dengan semua pihak, termasuk dari Jepang dan China, usai resmi menterminasi kerja sama dengan Sumitomo Corporation.