Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub Evaluasi 48 Keterlambatan Penerbangan Haji 2024

Sultan Ibnu Affan
02 June 2024 13:45

Petugas memberi tanda koper calon haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Petugas memberi tanda koper calon haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat terdapat48 kali keterlambatan keberangkatan pelayanan penerbangan Haji tahun ini. Data ini berdasarkan hasil evaluasi penerbangan Haji fase pertama.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kemenhub mencatat, total keterlambatan itu berasal dari dua maskapai yang melayani penerbangan Haji, yakni Garuda Indonesia dengan total 42 keterlambatan, dan Saudi Arabian Airlines dengan total 6 keterlambatan.

"Kami telah melakukan rapat bersama dengan Garuda Indonesia terkait jumlah keterlambatan pada fase pertama ini yang mana dikarenakan faktor teknis dan operasional," ujar Dirjen Hubud Kemenhub M. Kristi Endah dalam siaran resminya, Minggu (2/6/2024).

Kristi juga menegaskan agar kedua maskapai yang melayani penerbangan haji berkomitmen dan bertanggungjawab untuk memberikan pelayanan haji yang terbaik dan segera memitigasi jika terjadi kendala-kendala di lapangan.

Atas kendala tersebut, Kemenhub juga telah melakukan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, seluruh stakeholder perhubungan serta pemangku kepentingan penerbangan haji.