Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Kecam Serangan Israel ke Rafah

Redaksi
02 June 2024 06:00

All eyes on rafah. (Sumber: media sosial)
All eyes on rafah. (Sumber: media sosial)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan sikap dan posisi Indonesia terhadap tragedi kemanusiaan yang terjadi imbas invansi Israel kepada warga Palestina di Jalur Gaza. Hal ini terutama serangan brutal tentara Israel di kamp pengungsian di Rafah.

"Meskipun sudah berkali-kali saya sampaikan, tapi saya ingin mengulang lagi bahwa Indonesia mengecam keras serangan Israel ke Rafah," kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Sabtu (1/6/2024).

Menurut dia, Indonesia konsisten tentang sikapnya terhadap konflik atau perang Israel dan Palestina. Dia menilai, Israel seharusnya menjalankan aturan hukum internasional, termasuk perintah Mahkamah Internasional untuk menghentikan serangan kepada warga Palestina di Jalur Gaza.

"Israel mestinya memiliki kewajiban untuk menaati Mahkamah Internasional, termasuk penghentian ofensif serangan ke Palestina," kata Jokowi.

Sebelumnya, Mahkamah Internasional atau International Court of Justice (ICJ) sebenarnya telah memerintahkan Israel untuk menghentikan serangan militer di Rafah, pada 24 Mei lalu. Mahkamah menilai serangan militer di Gaza telah menyebabkan kerusakan fisik dan kehidupan bagi masyarakat Palestina.