Logo Bloomberg Technoz

Tether Akuisisi Rp1,6 T Penambang Bitcoin Publik Terbesar di AS

News
01 June 2024 21:15

Kripto Tether (Bloomberg)
Kripto Tether (Bloomberg)

Emily Nicolle—Bloomberg News

Bloomberg, Penerbit Stablecoin Tether Holdings Ltd mengakuisisi saham senilai US$100 juta (sekitar Rp1,6 triliun) di Bitdeer Technologies Group, penambang Bitcoin yang terdaftar di Amerika Serikat (AS) yang dimiliki oleh miliarder China Jihan Wu. Tether punya opsi untuk membeli saham tambahan senilai US$50 juta dalam waktu satu tahun. 

Kedua perusahaan menandatangani perjanjian berlangganan untuk penempatan pribadi 18,6 juta saham biasa Kelas A, kata Bitdeer dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, yang menghasilkan US$100 juta dalam pendapatan kotor. Ada juga waran untuk membeli hingga lima juta saham tambahan dengan harga US$10 per saham. Penempatan pribadi ditutup pada hari Kamis. Cantor Fitzgerald & Co bertindak sebagai agen penempatan.

Kesepakatan itu akan mendanai perluasan operasi pusat data Bitdeer, pengembangan peralatan penambangan kripto berbasis ASIC dan tujuan umum perusahaan lainnya, kata Bitdeer. Kedua perusahaan tidak mengungkapkan berapa persen saham Bitdeer yang sekarang dipegang oleh Tether berdasarkan perjanjian tersebut. Tether tidak menanggapi permintaan komentar.

Perjanjian ini menandai langkah besar bagi Tether dalam rencananya untuk menjadi penambang Bitcoin utama, setelah memulai pembangunan fasilitas penambangannya sendiri di Uruguay, Paraguay, dan El Salvador tahun lalu.