Logo Bloomberg Technoz

Jokowi: Pancasila Pembebas Ketergantungan dari Pihak Asing

Muhammad Fikri
01 June 2024 13:30

Presiden Joko Widodo saat berpidato di upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. (Sumber: tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat berpidato di upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. (Sumber: tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan bahwa kehadiran pancasila merupakan tanda dari pembebasan ketergantungan negara kepada pihak asing. Hal tersebut disampaikannya saat berpidato pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Kita harapkan kehadiran pancasila sebagai pembebas dari ketergantungan kita pada pihak asing,” kata Jokowi di upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Pada kegiatan tersebut, Presiden Jokowi juga memamerkan kinerja negara yang sebelumnya mengambil saham terbesar di perusahaan tambang PT Freeport Indonesia. Kini pemerintah berhasil mengambil alih perusahaan blok migas dengan produksi terbesar di Indonesia, yaitu Blok Rokan di Riau.

“Setelah saham mayoritas Freeport kita ambil alih, kemudian kita ambil alih Blok Rokan ini, di Dumai, yang merupakan blok migas paling produktif dalam sejarah perminyakan indonesia,” pungkasnya.

Jokowi juga menyampaikan bahwa sebelumnya, Blok Rokan dikuasai oleh perusahaan asing, yaitu Caltex, dan Chevron yang menguasai blok tersebut selama 97 tahun.