Logo Bloomberg Technoz

Kuntadi menyebut berdasarkan alat bukti permulaan yang cukup, keenam tersangka yakni mereka para General Manager di Unit Bisnis Pengolahan & Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) PT Antam Tbk yang menjabat pada kurun waktu  2010-2021.

Penyebab Harga Emas Antam Turun

Namun sepertinya isu peredaran emas 'jadi-jadian' itu tidak mempengaruhi pergerakan harga emas Antam. Dinamika harga emas Antam lebih terkait dengan pergerakan harga emas dunia.

Kebetulan harga emas dunia sedang bergerak turun. Kemarin, harga emas dunia di pasar spot ditutup di US$ 2.327,02/troy ons. Turun 0,72% dibandingkan hari sebelumnya.

Sepanjang pekan ini, harga emas dunia terpangkas 0,27% secara point-to-point.

Tren penguatan nilai tukar mata uang dolar Amerika Serikat (AS) menjadi sentimen negatif bagi emas. Sebab, emas adalah aset yang dibanderol dalam dolar AS. 

Saat mata uang Negeri Paman Sam terapresiasi, maka emas menjadi lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas pun berkurang sehingga harga mengikuti.

Pekan ini, Dollar Index (yang mencerminkan posisi greenback di hadapan 6 mata uang utama dunia) menguat 0,12%. Penguatan dolar AS disebabkan oleh ekspektasi pasar bahwa suku bunga acuan akan bertahan di level tinggi dalam waktu lama (higher for longer).

“Saya rasa investor menyadari bahwa suku bunga tinggi yang ada saat ini masih akan berlanjut,” ujar Tim Waterer, Chief Market Analyst di KCM Trade, seperti diberitakan Bloomberg News.

Saat ini, Federal Funds Rate berada di 5,25-5,5%. Ini menjadi yang tertinggi dalam 22 tahun terakhir.

Emas juga merupakan aset tanpa imbal hasil (non-yielding asset). Memegang emas kurang menguntungkan dalam iklim suku bunga tinggi.

(aji)

No more pages