Logo Bloomberg Technoz

Kedua, Jokowi meminta PSSI memastikan Indonesia tak akan mendapat sanksi berat dari FIFA. Presiden ingin sepak bola Indonesia tak terkucilkan dari kompetisi sepak bola dunia. Indonesia pun tetap tergabung pada keanggotaan federasi tersebut.

"Saya akan bekerja keras komunikasi dengan FIFA, agar tak ada sanksi berat bagi Indonesia," kata Erick.

Keterangan Pers Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Kantor Presiden, 31 Maret 2023 (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)

Saat ini, dia pun mengatakan akan segera berkomunikasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono untuk proses revitalisasi 22 stadion sepak bola yang berisiko tinggi. Berdasarkan data Kementerian PUPR, 5 stadion di antaranya bahkan berada dalam kondisi berat.

PSSI akan menunjukkan komitmen pemerintah menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi ekosistem sepak bola dalam negeri. Rencananya, seluruh stadion yang digunakan untuk pertandingan sepak bola akan sesuai dengan standard FIFA.

FIFA memang sudah mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20. Awalnya, ajang yang diikuti 24 negara tersebut akan digelar pada Mei mendatang. Keputusan ini dikeluarkan usai terjadi polemik penolakan kedatangan Tim nasional Negara Israel yang juga lolos. Selain pembatalan, FIFA pun berencana memberikan sanksi kepada Indonesia.

(frg)

No more pages