Logo Bloomberg Technoz

Piala Dunia U-20 Batal, Dua Instruksi Jokowi untuk PSSI

Fransisco Rosarians Enga Geken
31 March 2023 18:30

Presiden Jokowi memberikan pernyataan (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi memberikan pernyataan (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima surat dari Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Gianni Infantino yang dititipkan pada Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir. 

Usai membaca surat tersebut, Jokowi kemudian mengeluarkan dua instruksi kepada Erick untuk segera dijalankan. Pemerintah ingin menunjukkan kepada FIFA komitmen Indonesia melakukan transformasi pada bidang olah raga sepak bola. 

"Tentu saya tak tahu isi surat FIFA ke presiden. Tapi instruksi beliau menunjukkan [isi suratnya]," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut di Istana Negara, Jumat (31/3/2023).

Pertama, kata Erick, presiden meminta PSSI segera menyelesaikan cetak biru atau blue print transformasi sepak bola Indonesia. Dalam rencana tersebut, Jokowi meminta PSSI menunjukan rencana jangka panjang pengembangan sepak bola, hingga 2045. Pada periode tersebut, Indonesia akan menjadi negara dengan perkembangan ekonomi tinggi dan memiliki demografi anak muda yang besar.

"Presiden minta ini harus segera selesai dan harus segera diserahkan ke FIFA," ujar dia