Logo Bloomberg Technoz

Korut Kirim Balon Isi Sampah & Tinja, Korsel Ancam Tindakan Keras

Redaksi
01 June 2024 09:30

Korut Uji ‘Drone’ Bawah Laut, Bisa Timbulkan 'Tsunami Radioaktif' (Sumber: Bloomberg)
Korut Uji ‘Drone’ Bawah Laut, Bisa Timbulkan 'Tsunami Radioaktif' (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel) pada Jumat (31/05/2024) memperingatkan bahwa tindakan yang "sangat menyakitkan" akan diambil terhadap Korea Utara (Korut) jika mereka terus melakukan tindakan provokasi yang "tidak rasional". 

Awal pekan ini, Korea Utara menerbangkan ratusan balon besar berisi sampah dan tinja ke Korea Selatan dan melancarkan serangan pengacau GPS di perairan dekat pulau-pulau perbatasan barat laut Korea Selatan selama tiga hari berturut-turut. Mereka juga menembakkan salvo rudal balistik jarak pendek ke arah Laut Timur pada Kamis.

Kementerian yang menangani urusan antar-Korea tersebut menyatakan "penyesalan yang kuat" atas tindakan provokasi Korea Utara yang "tidak masuk akal dan tidak rasional".

"Pemerintah menanggapi provokasi terbaru Korea Utara dengan sangat serius. Kami tidak akan mentolerir tindakan seperti itu," kata kementerian itu seperti dilaporkan Yonhap.

"Jika Korea Utara tidak menghentikan tindakan provokasinya, pemerintah akan mengambil semua tindakan yang tidak bisa ditahan oleh Korea Utara. Kami dengan tegas memperingatkan bahwa semua tanggung jawab atas apa yang akan terjadi selanjutnya sepenuhnya berada di tangan Korea Utara," demikian dinyatakan kementerian itu.